TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang professional, bermoral, berbudaya, dan berwawasan lingkungan dalam bidang pendidikan sejarah, melalui pembelajaran yang berkulitas.
  2. Meningkatkan jumlah dan mutu riset dalam bidang pendidikan sejarah yang dipublikasikan melalui prosiding dan jurnal di tingkat nasional dan internasional beserta hak kekayaan intelektualnya.
  3. Mewujudkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan sejarah.
  4. Mewujudkan jejaring kerja sama dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan pemanggku kepentingan ditingkat lokal, nasional, dan internasional.

STRATEGI

No

Tujuan

Strategi Pencapaian

1.

Menghasilkan lulusan yang professional, bermoral, berbudaya, dan berwawasan lingkungan dalam bidang pendidikan sejarah, melalui pembelajaran yang berkulitas.

  1. Mengembangkan pembelajaran yang kreatif, inovatif, berwawasan lingkungan, dan berkarakter budaya.
  2. Mengembangkan penilaian proses dan hasil pembelajaran.
  3. Pemanfaatan prasarana-sarana dan media belajar yang yang menunjang proses pembelajaran yang bermutu.
  4. Memaksimalkan kinerja gugus penjaminan mutu fakultas dengan melaksanakan monitoring dan evaluasi untuk setiap kegiatan Tri Dharma di lingkungan FKIP/Jur/Prodi.
  5. Meningkatkan profesionalitas tenaga pendidik melalui studi lanjut S3 dan program magang dosen.
  6. Meningkatkan profesionalitas tenaga kependidikan melalui program pelatihan dan keterlibatan dalam Seminar/FGD/Lokakarya di tingkat lokal, dan nasional/internasional.
  7. Meningkatkan mutu program studi dengan melakukan pembandingan dengan program studi yang sejenis dari perguruan tinggi lain yang terakreditasi unggul.
   

2.

Meningkatkan jumlah dan mutu riset bidang pendidikan sejarah yang dipublikasikan di tingkat nasional dan internasional beserta hak kekayaan intelektualnya.

  1. Meningkatnya jumlah dan mutu hasil riset bidang pendidikan sejarah.
  2. Meningkatnya jumlah dan mutu karya ilmiah yang dipublikasikan melalui prosiding, jurnal terakreditasi nasional maupun jurnal internasional bereputasi serta hak kekayaan intelektualnya.

3.

Mewujudkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan sejarah.

Meningkatnya jumlah dan mutu hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan sejarah.

4.

Mewujudkan jejaring kerja sama dalam bidang Tri Dharma PT dengan pemanggku kepentingan ditingkat lokal, nasional, dan internasional.

  1. Meningkatnya jejaring kerjasama lintas perguruan tinggi dalam dan luar negeri, pemerintah, swasta, dan sosial kemasyarakatan.
  2. Terselenggaranya jejaring kerja sama institusional yang berkualitas untuk kepentingan pendidikan, riset, dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Prodi Pendidikan Sejarah dijadikan sebagai pusat pembelajaran sejarah yang unggul, berbudaya dan berwawasan lingkungan oleh pemangku kepentingan di tingkat kabupaten/kota serta tingkat nasional.