STRUKTUR KURIKULUM KKNI MBKM PRODI PENDIDIKAN SEJARAH FKIP UNCEN TAHUN AKADEMIK 2024/2025
- IDENTITAS PROGRAM STUDI
Program Studi : Pendidikan Sejarah
Fakultas : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Izin Program studi : Nomor SK pendirian Prodi No.140/PTIP tahun 1962, Tanggal SK pendirian 10 Nopember 1962, Pejabat Penandatangan Prof. Dr. Ir. Tojib Hadiwidjaja, Bulan & Tahun Dimulainya Penyelenggaraan Nopember 1962/1963, Nomor SK Izin Operasional 6309/D/T/K-N/2011 Tanggal SK Izin Operasional 12 April 2011.
Akreditasi : B
SK Akreditasi : BAN PT No. 4404/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2020
Gelar : Sarjana Pendidikan (S.Pd)
B. PROFIL DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI
1. Standar Kompetensi Lulusan
Standar kompetensi Lulusan S1 Prodi Pendidikan Sejarah adalah sebagai berikut; (1) Memiliki intregritas sebagai tenaga kependidikan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beraklak mulia, berkepribadian, kritis, demokratis, kompetitif, responsive, mengembangankan wawasan kebangsaan, mandiri, dan berjiwa entrepreneur/kewirausahaan, (2) Memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas sebagi guru Sejarah dan rumpun ilmu sosial, dalam arti menguasai materi sesuai dengan bidangnya, dan terampil melaksanakan proses pembelajaran secara bermakna di SMU, SMK, MA, SMP, MTs, (3) Mampu mengajarkan dan membuat suatu perencanaan dalam pembelajaran Sejarah di sekolah, serta mampu membuat suatu evaluasi tentang penilaian hasil belajar siswa, (4) Menguasai substansi keilmuan sesuai dengan bidang keahliannya dan memiliki kemampuan untuk mengembangkan keilmuan.
2. Profil Lulusan
- Menghasilkan tenaga guru yang kompeten dan professional serta memiliki inovasi menumbuhkembangkan kemampuan melaksanakan pembelajaran dalam bidang pendidikan Sejarah.
- Menghasilkan peneliti yang memiliki kemampuan melaksanakan penelitian Sejarah, serta mampu berkewirausahaan dalam bidang pendidikan dan ilmu Sejarah.
3. Capaian Pembelajaran Lulusan
Kompetensi lulusan S1 Jurusan Pendidikan Sejarah FKIP UNCEN sesuai KKNI MBKM berada pada taraf level 6. Kompetensi dapat dirumuskan setelah melihat dan mempelajari paragraf dan kualifikasi yang sudah ditentukan sebelumnya. Adapun kompetensi lulusan jurusan/prodi dapat dilihat dari PLO (Program Learning Outcomes) dan CLO (Course Learning Outcomes) yang telah dirumuskan secara nasional berdasarkan keputusan Asosiasi Pendidik dan Peneliti Sejarah Indonesia (APPSI) pada tahun 2015 di Banjarmasin dan Perhimpunan Program Studi Pendidikan Sejarah Indonesia (PPSI) di Universitas Erlangga Surabaya. Capaian pembelajaran Prodi Pendidikan Sejarah sesuai level 6 KKNI MBKM dapat dilihat pada tabel di bawah ini.
TABEL 1. Deskripsi Capaian Pembelajaran Program Studi
Kode | Deskripsi Generik | Aspek | Kode | Deskripsi spesifik | Capaian Pembelajaran |
A |
| Sikap |
|
| Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (1) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (2) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (4) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (5) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (6) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (7) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
|
B |
| Pengetahuan |
|
| (1) Menguasai teori-teori dasar dalam bidang pendidikan Sejarah (2) Menguasai ilmu-ilmu dasar yang relevan dengan bidang pendidikan keSejarahan yang mendalam dan komprehensif (3) Menguasai teori-teori interdisipliner dengan bidang pendidikan keSejarahanuntuk mendapatkan kajian Sejarah yang mendalam dan komprehensif (4) Menguasai metodologi penelitian dalam bidang pendidikan keSejarahan (5) Menguasai prinsip-prinsip dasar analisis Sejarah dari berbagai aliran keSejarahan (6) Mengusai teori-teori dasar tentang penulisan buku yang relevan dengan pendidikan keSejarahan |
C |
| Keterampilan Khusus |
|
| (1) Mampu mengaplikasikan teori-teori Sejarah dalam analisis pendidikan keSejarahan (2) Mampu mengaplikasikan teori-teori pendidikan Sejarah dalam analisis keSejarahan (3) Mampu mengaplikasikan ilmu-ilmu dasar yang relevan dengan bidang pendidikan keSejarahan untuk mendapatkan kajian keSejarahan yang mendalam dan komprehensif (4) Mampu mengaplikasikan teori-teori interdisipliner dengan bidang pendidikan keSejarahan untuk mendapatkan kajian keSejarahan yang mendalam dan komprehensif (5) Mampu mengaplikasikan metodologi penelitian dalam bidang pendidikan keSejarahan dalam praktik penelitian dan pengkajian fenomena keSejarahan (6) Mampu mengaplikasikan analisis Sejarahdari berbagai aliran keSejarahan (7) Mampu mengaplikasikan dan memanfaatkan teori-teori dasar tentang penulisan buku dalam praktik penulisan dan publikasi
|
D |
|
|
|
| (1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memerhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik Sejarah (4) menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (UNCEN) (5) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data (6) Mampu memelihara dan mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik di dalam maupun di luar lembaganya (7) Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya (8) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri (9) Mampu mendokumantasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihah dan mencegah plagiasi |